police

Selasa, 06 November 2012

cara merawat burung hantu/how to care for owl

Akhir-akhir ini burung hantu memang makin banyak diminati. Memang burung yang aktif di malam hari ini memiliki daya tarik dan keunikan tersendiri. Burung hantu dikenal karena matanya yang besar dan menghadap ke depan. Berbeda dari burung lain yang matanya menghadap ke samping. Bersama paruh yang bengkok-tajam seperti paruh elang, dan susunan bulu di kepala yang membentuk lingkaran wajah, rupa burung hantu sangat ’’mengesankan’’ sekaligus menyeramkan. Lehernya sangat lentur, sehingga wajah dapat berputar 180 derajat ke belakang.
Sejauh ini, citra burung hantu bagi sebagian masyarakat cenderung negatif. Kalau terdengar suaranya di pekarangan rumah di senja hari, pemilik rumah lekas-lekas mengusirnya dengan cara membakar tikar usang di bawah pohon tempatnya bertengger. Namun sudah saatnya citra itu dibuang jauh-jauh. Karena, ternyata burung hantu itu bisa dijinakkan Daya tarik burung hantu sebagai satwa hias justru pada fisiknya yang lain dari burung hias pada umumnya. Selain fisiknya, dia juga memiliki kesan antik. Kesan itu muncul karena bulu-bulunya berwarna cokelat kusam, seperti perabot antik dari kayu jati yang sudah berumur ratusan tahun. Keunikannya ditunjang bentuk muka yang aneh seperti kucing, dan kedua matanya yang bulat. Prinsip utama menjinakkan satwa ini adalah menciptakan ketergantungan kepada pemiliknya, terutama dalam hal pakan. Karena itu, bila sejak kecil diberi pakan sehingga, maka burung hantu merasa tergantung kepada pemilik dan akan menjadi satwa yang jinak. Memelihara burung hantu juga tidak serepot yang dibayangkan, meski ia termasuk burung malam pemakan daging yang cara hidupnya belum banyak diketahui. Makanan kegemarannya sudah pasti tikus. Mencari tikus rumah untuk umpan burung ini tentu repot sehingga bisa diganti tikus putih yang banyak dijual di pasar-pasar burung. Kalau tikus putih sebagai pakan burung hantu pun sulit diperoleh, Anda bisa menggantinya dengan lele dumbo yang harganya murah dan mudah diperoleh di pasaran. Seekor burung hantu dewasa bisa diberi 1-2 ekor lele dumbo setiap malam. Bagi kalian yang masih keberatan dengan makanan burung hantu yang memang bisa dibilang mahal, maka kalian bisa saja memelihara burung hantu jenis celepuk. Khusus burung hantu jenis ini, makannya adalah jangkrik. Jadi, kalian ga perlu merogoh kocek dalam-dalam. Cukup Rp 2.000,- bisa buat makan 1 minggu. (Kalo masih kemahalan ga taw lagi deh gue) Burung hantu cukup diberi makan 1 hari 1 - 2 kali saja pada waktu senja dan malam. Tidak perlu memberi makan pada siang hari. Biarkan dia beristirahat di siang hari. Untuk perawatan kandang burung hantu sangatlah mudah. Hanya perlu dibersihkan 1 minggu sekali. Dan jangan lupa si burhan juga dimandikan setiap kali kalian mencuci kandangnya (biar ga bau hehe..) Buat yang memelihara burhan yang jenisnya besar alias yang bukan celepuk ada baiknya jika menggunakan kandang anjing ato kucing. Jadi si burhan bisa gerak-gerak buat pelemasan otot gitu. Biar ga capek. Jangan lupa:
1, Buat yang piara anakan kalo malam jangan lupa taruh di tempat yang hangat ya. Burhan gue almarhum gara-gara pas ujan lupa gue masukin ke dalam. Hix... Merasa bersalah deh T T

2. Ada baiknya juga kalo tiap malam si burhan dibiarkan terbang berkeliaran dalam rumah. Biar ga stress

50 komentar:

  1. bang ane mau tanya nih,...
    ane punya burhan kira2 umurnya 2 bulan gtu, pas wa cari ternyata yang punya ane ni jenis nya burn owl,,ane mau tanya klo burn owl makanannya sama kaya yang abang jelasin di atas tau ada bedanya bang??
    trus biar nafsu makannya bangkit gmna ya bang?
    tolong shre k ane y bang,,...makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih baik di kasih makan tikus putih yang kira2 di pasar yang harga.a 3rb.an.... klo misalnya ga ada di kasih ikan juga mau ko tapi maxsimal ukuran ikan nya 20% aja biar gampang makan nya..
      klo untk nafsu makannya bisa di kasih minyak ikan yang ada di pasar burung dan apotik, stau saya itu dulu van....

      Hapus
    2. Bang mau tanya nama minyak ikan nya apa ya

      Hapus
    3. Kalau dikasih daging mentah sate kambing boleh gak ya, tx

      Hapus
  2. saya baru beberapa hari membeli celepuk. mengapa celepuk saya tidak mau makan jangkrik? bagaimana cara mengajarkan celepuk saya makan jangkrik? saya sudah suapi beberapa kali tapi hanya digigit lalu dibuang. mohon infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. @YP: gini coba km potong semua kaki jangkriknya soal.a kaki kaki jangkrik itu salah satu yang tidak di sukai oleh celepuk,dulu celepuk saya juga seperti itu..emang kalo boleh tau umur berapa celepuknya YP?

      Hapus
    2. Saya kurang tau.. Saya tanya penjualnya mereka juga ga tau.. Tp menurut saya masih cukup muda.. Selama ini saya beri anak kodok dan kadang pur yang sudah di encerkan

      Hapus
  3. Btw saya baru membeli barn owl. Saat sampai dirumah dia tidak mau makan. Mata sering tertutup. Makanan yg berhasil masuk pun lbh bnyk dimuntahkan lagi :( apakah barn owl ini stress atau memang sakit dan memerlukan perawatan dokter? Karena malam ini dia sempat bersin. Apakah ada pertolongan pertama yg dapat diberikan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo itu sakit yp...coba km kasih dia minyak ikan tapi pembungkus minyak ikanya di buka dulu lalu pencet langsung ke arah mulutnya...kalo bisa barn owlnya jgn di letakan di luar rumah y..

      Hapus
    2. apakah minyak ikan untuk barn owl sama dengan minyak ikan untuk manusia yang biasa dijual di pasaran itu? dalam bentuk soft capsul itu? barn owl hanya saya letakkan di taman selama 30-60 menit dan tidak kena matahari langsung. pada malam hari tetap saya masukkan kdlm rumah

      Hapus
    3. betul gan yang buat manusia juga bisa...tetapi jangan dimakan sama soft capsulnya,gunting sedikit lalu teteskan ke dalam mulut di burung..

      Hapus
  4. salam kenal
    cara nya agar burung celepuk ane jenak/nyaman di T tenggeran ,karena sering turun dari tenggeran ...tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. di taruh di tempat yang gelap,kalo masih turun coba ganti diameter pijakan T nya sob..

      Hapus
  5. kemarin baru dikasih teman barn Owl ... kayaknya sudah remaja ..., masalhnya nyampe rumah ... sudah 2 hari nggak mau makan sama sekali... gimana bos ini ngatasinya??? aku kasih jangrik n ikan nggak mau....

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah gejala stres tuh sob...
      gpp ntar juga mau makan lagi kalo udah laper soalnya burung apapun kalo pindah pasti kaya gtu sob...tenang aja ntar juga baik lagi.. :)

      Hapus
    2. klo boleh ngasih saran klo BOP na ga mau makan itu dya lg stress ,,cara na klluarin dr kandang biarin dya ngerasa bebas dulu, lebih baik sii lepas na di dalam rumah n jngan lupa di ikat pastikan ikatan na kuat ya biar ga escape,,, pengalaman hehe

      Hapus
  6. 085747913764 bang dita sms nomer itu butuh info tentang barn owl plliiss :(

    BalasHapus
  7. misi gan,ane baru beli barn owl,begitu sampe rumah dianya ngedesis terus kalo dideketin,terus pas ane ngeluarin dari dusnya dianya pub encer warna putih gan.itu kenapa ya gan?thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. ohh itu biasa gan blum adaptasi n masih takut sama manusia bunyi desisnya kaya gas bocor ya gan..hehehe
      tenang aja ntr juga baekan ko.. :)

      Hapus
  8. bermanfaat bngt gan ,,,thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok sama sama gan kita sharing aja buat tambah2 pengalaman aja..heheh

      Hapus
    2. Klo bay owl makanan pokoknya jangkrik bisa nggak

      Hapus
  9. bang aku punya owl jenis celepuk tapi akhir" ini gamau makan bang disuapin gamau,tapi kadang makannya lahap kadang juga gamau makan.
    kenapa ya bang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pola makan 2 hari satu kali kk...
      ntar juga pola makannya normal lagi...biasa itu terjadi klo si celepuk abis pindah tangan atau abis sakit/stress..

      Hapus
  10. Gan saya mw tny, ni saya br adob bay owl. Jenis tu makanan'a pa??? Q ksh jangkrik gk mw d mkn.
    Tolong bantu an'a.
    Thx

    BalasHapus
  11. hhehe..mkanya tikus putih kalo ga katak kk...
    kasih burung pipit juga mau ko...
    kalo di kasih jangkrik itu buat jenis celepuk..

    BalasHapus
  12. gan, mau tanya.. cara mengikat anklet jesse pada burhan gimana y? soalnya si burhan gigit anklet jessenya trus

    BalasHapus
  13. gan,dirmah saya punya burhan jenis celepuk... 3 hari beli saya baca dibanyak artikel tentang celepuk ini dan katanya klu bru bli burhan harus dimasukin kedalam tempat gelap misalnya kardus selama 3 hari.... katanya untuk adaptasi. tpi celepuk punya saya selama 3 hari yang lalu blum ak masukin dalam kardus sama sekali... apa akan sama jinaknya jika dibandingkan dengan burhan yang dikarantina selama 3 hari?

    BalasHapus
  14. Gan . Saya bru bli bay owl . Tpi klo di glove g mau mkan .. ak sodorin ke mulutnya cman di gigit doang , hbis itu di buang tpi klo udah ak tinggal mkananya dmakan ?

    Mohon penjelasan gan

    BalasHapus
  15. gan di rumah ane baru kedatangan burhan jenis barn owl, ane kasian jadi ane coba piara, kasih tau tips2nya dong gan, ane baru pertama kali nih gan, tolong ya gan.

    BalasHapus
  16. kalo barn owl ku malah matanya yg satu gamau melek ,, juga gamau makan .. itu sih baiknya diapain ya gan ?

    BalasHapus
  17. kalau untuk anakan barn owl (brancher) porsi makanannya berapa banyak ? terus berapa kali dalam sehari makannya? mhon infonya gan

    BalasHapus
  18. Gan ane mau tanya... ane baru beli celepuk... tp pas nyampe rumah dri pagi sampe mlm merem trus. Dan gak mau makan...
    Gmna cara ngatasinnya ya gan...
    Tks before

    BalasHapus
  19. klo bay owl jangkrik sebagai makanan pokoknya bisa nggak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bang,, klo piara dari baby,,,sudah bisa terbang, dilepas ke alam bebas bisa balik gak,, thx

      Hapus
  20. Bang, kok burung hqntu celepuk ane setiap di datengin sama ane dia ngebuka sayap sama muterin kepalanya? Itu gimana ya
    Burung hantunya adopt, sama kayak yang di foto masnya itu.... jinakinnya gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu blum jinak mas...jadi caranya coba siapkan kandang yg bersih lalu taruh kaos si pemilik di atas kandang itu treatment untuk si burhan agar beradaptasi mas...
      coba sampai si burhan benar2 mengenali bau dari si pemilik...

      Hapus
    2. Apa cara ini berlaku utk semua jenis owl mas ? Krn sya jg punya owl jenis celepuk mas.. Dan msh agak kurang jinak..

      Hapus
  21. itu yang difoto jenis burhan apa ya,saya punya persis seperti di foto

    BalasHapus
  22. Klo anak ikan mas untuk obay bisa ga ya gan

    BalasHapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  24. Thanks for info, jangan lupa kunjungi website kami http://bit.ly/2MBC6vZ

    BalasHapus
  25. Numpang tanya gan klo minyak ikan buat owl apa namanya 🙏

    BalasHapus
  26. Numpang tanya gan klo minyak ikan buat owl apa namanya 🙏

    BalasHapus