police

Selasa, 06 November 2012

cara merawat kukang/how to care for lemurs



 sebelumnya saya akan menjelaskan apa itu tentang kukang yang pada akhirnya saya akan memberitahu cara merawat kukang tersebut. sering kita dengar bawah si kukang ini adalah hewan primata/di lindungi, karena populasi hewan ini yang berkurang dari tahun ke tahun, ada juga yang bilang menurut mitos hewan ini bisa menjadi mediator santet.....(menurut saya enak di makan hehehhe...#becanda)..

pemburuan yang bersekala besar berakibat si kukang ini menjadi hewan yang di lindungi oleh oleh pemerintah, saya pernah dapet cerita dari teman saya bawah yang memelihara hewan ini akan di kenakan hukuman penjara berserta dendanya..(menurut saya ya,,,gapapa selagi kita memeliharanya dengan baik dan benar).



MENGENALI JENIS  JENIS MAKANAN DAN MINUMAN


hewan ini termasuk hewan nokturnal/aktif di malam hari, dia tipe hewan yang suka rasa manis,..seprti buah-buahan yaitu yang sering di pakai adalah pisan ladu,pepaya,dan pear.....

untuk minumnya yang biasa di pakai teh manis,susu murni,susu kedelai....


MENGINDENTIFIKASI KANDANG


untuk masalah kandang disini perlu di perhatikan karena ini sangat dekat hubungannya dengan kesehatan si kukang itu sendiri..kenapa,..??kukang berasal dari hutan yang berarti tanpa batas ruang...

biasanya si kukang kalo lagi stres gampang terkena penyakit nah itu yang harus kita hindari karena kalo sudah terkena penyakit bukan kukang saja tetapi si pemilik juga bisa terserang penyakit...


MEMBUAT KANDANG YANG IDEAL


1.cari ruangan yang bersirkulasi baik,,terus bila sudah menemukan tempatnya lalu siapkan :

  •     kayu kaso panjang 80cm 12 buah

  •     paku secukupnya

  •     ram kawat masing 6 buah yang ukuran nya di sesuaikan

  •     bambu buat alas dasar (biar kotoran nya mudah di bersikan)

        

 2. Kebersihan kandang harus terjamin, karena kandang yang kotor dapat menimbulkan penyakit terhadap kukang itu juga dapat menguragi bau pesing/kencing yang di akibatkan kukang.untuk membuat bau netral bisa juga kandang di jemur di bawah terik matahari itu cukup mengurangi bau pesing dan bau yang kurang sedap.

3. Kandang kukang harus diberi kayu/ batang karena dia sangat suka memanjat,carilah batang pohon yang kira kira panjangnya pas dengan kandang agar kukang dapat mudah melatih motorik dalam memanjat.


4. Waspada terhadap semut, semut akan datang karena minuman yang manis dan apabila semut tidak dibersihkan akan membuat takut kukang dan juga membuat nya strees, oleh karna itu saya menggunakan kapur anti semut dan kecoa biar tidak mengganggu si kukang yang sedang tidur maupun sedang makan. 


5.membuat patuh terhadap majikan, hal ini merupakan setiap keinginan bagi orang orang yang senang memelihara hewan termasuk saya, hehhee... untuk langkah pertama yaitu :

  • ketika mau memberi makan cobalah langsung dari tangan anda,..kenapa? agar si kukang tau bahwa dia memiliki ketergantungan kepada anda yang memberi makan..

    ajaklah kukang bermain oleh anda ini gunanya biar si kukang terbiasa oleh anda mungkin pertama-tama anda akan di buatnya kaget dengan cara dia yang bergerak perlahan lahan terus menggigit anda yang padahal gigitanya tidak menyakitkan kaya cuma di jilat gtu,,..

    coba langkah itu selama 2 minggu setelah sudah mau di panggil terus mendekat kepada kita, lalu kita coba dengan latihan masuk ke kandangnya sendiri dengan melemparkan suatu benda yang sering menjadi main waktu melakukan metode di atas,,kalo saya benda itu ialah sebuah handphone yang sudah rusak..hehehe  tapi klo yang lain juga bagus ko seperti bola,boneka kecil yang penting benda yang memilik bau yang khas,..

    kalau sudah menginjak waktu 1 bulan coba kukang anda menaiki pundak anda dengan cara menunjuk jari anda ke bahu anda, bila masih tidak mau cobalah dengan menaruh benda yang menjadi media di atas untuk di taruh ke bahu anda..

     

                                                 

     

        

sebelumnya saya ingin memberitahukan kepada majikan kukang, tidak ada suatu hal yang ingin kita dapat tanpa pengetahuan dan ketulusan hati yang bisa buat hasil itu akan indah bila kita dapatkan dan jangan memaksakan suatu kehendak kita yang belum tentu benar..thanks buat yang udah baca semoga info ini bermanfaat bagi yang membaca dan selalu bersabar ^_^ ....












11 komentar:

  1. trus cara ngobatin kukang yang rambut nya rontok gimna ?

    soal'a kukang ane garuk garuk terus padahal udah dmandiin..

    klo boleh tau app obat yang cocok buat kukang ane yang rmbutnya rontok ?
    ""di jawab ya ?""

    BalasHapus
  2. kandangnya dibuat dari besi ya?
    biasanya ada kutu dalam bulu si kukang,untuk obatnya stiap pagi si kukang di mandikan dan di jemur paling lama 1 jam..
    untuk cara mandikanya :
    1.semprot dengan air yang sudah dicampur dengan detol.
    2.sesudah itu keringkan dngan kanebo.
    3.lalu jemur dibawah sinar matahari pagi dan sore..jangan sering di mandikan ya..klo bisa 1 minggu sekali..jaga kandang agar bersih..

    BalasHapus
  3. kukang gigit ga sih?
    saya dikasih kukang, tapi kayaknya liar
    kalo dideketin suka bunyi n kayak mw gigit gitu?
    gimana cara jinakinnya? soalnya kukangnya udah gede

    thx buat jawabannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah klo kukang liar ati2 boss,soalnya temen ane ada yang kena penyakit dari giginya klo bisa di suntik dulu k dokter hewan harganya 15rb...klo untuk ngejinakin taruh baju kita yg sudah kita pakai dan taruh di atas kandang si kukang boss,,nanti dia lama-lama bisa jinak kira2 2minggu..

      Hapus
  4. gan kok kukang ku kalo di pegang kayak mau gigit itu gan? sakit gak kukangnya ngigit? kukang itu ada gigi atau nggak? kalo lagi di jemur diluar dianya suka banget gan mau lari gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo boleh tau umur berapa kk?
      kukang gigit dan di giginya mengandung virus tapi ga mematikan ko...
      kukang ane dlu juga gtu kk lagi masa penjinakan giginya di bantai abis demi ke aman bagi pemilik..hehehe
      tenang kukang ga bakal lari kk..hehehe

      Hapus
  5. bang kalo' memandikan kukang pake' sampo nya anak kecil / bayi itu ga' pa2 ta gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gpp malahan bagus untuk bulunya tapi klo bisa jgn di celup si kukang lebih baik anbil kanebo terus elap si kukang,..

      Hapus
  6. Cara mandikan kukang gimana sih pengen tau nih soalnya tadi mama ku di gigit ama uh kukang jarinya bengkak efeknya apa ya bahaya atau nggak
    Jawabannya penting nih mas hubungi aja saya via bbm nih pinsaya
    75a1750c

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah klo sampe bengkak langsung priksa aja ke dokter barangkali ada penyakitnya gan...
      cara mandikannya siapin ember-masukin air-masukan detol dalam air-lalu usap si kukang pakai kanebo,..

      Hapus