police

Jumat, 01 Maret 2013

Hewan Primata Indonesia


   Diantara Nuri yang paling pandai bicara, mungkin Nuri kepala hitamlah yang paling pandai bicara. Harga burung Nuri ini sangat mahal hingga mencapai satu juta rupiah. Nuri yang satu ini mudah jinak jika sering berinteraksi dengan manusia. Kadang si empunya menaruh Nuri ini dipundaknya. Burung tidak perlu dirantai jika sudah jinak karena ia tidak akan terbang jauh.

Burung ini berasal dari Maluku. Harga burung di tempat asalnya hanya lima puluh ribu rupiah tapi kalau sudah dikapalkan harganya melonjak menjadi ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Burung yang paling pandai dan bisa bicara adalah burung jantan sedangkan burung betina hanya bersiul dan bersuara keras.
Habitat burung ini adalah hutan. Burung ini memakan buah-buahan, serangga, dan nectar karenanya burung ini sangat berperan dalam kelestarian flora di hutan. Burung ini mempunyai peranan dalam penyerbukan bunga-bunga di hutan. Sayangnya pemburu liar tidak mengetahui hal tersebut. Mereka dengan giatnya memburu satwa langka ini demi rupiah.
Ciri burung ini adalah warna merah di seluruh burung ini. Paruh burung bengkok dan berwarna jingga. Warna hitam terdapat di atas kepala yang mencirikan burung ini. Pada dada burung ini terdapat warna hitam sedangkan sayapnya berwarna hijau daun. Di ujung ekornya terdapat warna kekuningan. Panjang burung ini mencapai 25 cm. Kaki burung ini berwarna hitam keabu-abuan. Dua jari berada di depan dan dua jari berada di belakang. Jari burung ini mendukung mereka untuk memanjat diatanra pepohonan dan cabang pohon. Sepasang Nuri akan bersarang di lubang pohon besar. Mereka menggunakan paruhnya yang kuat untuk menggali lubang. Penenbangan pohon-pohon besar yang dilakukan oknum bertanggung jawab juga akan mempersempit habitat burung ini. Pemerintah harus tegas dalam mengatasi masalah ini

1 komentar: